Punya Lantai Kayu? Hindari Hal-Hal Ini

flooring 1aDi daerah pinggiran kota dan kawasan pedesaan, kebanyakan pemilik rumah menggunakan kayu sebagai lantai tempat tinggal mereka. Di daerah perkotaan pun sebenarnya ada juga pemilik rumah yang menggunakan lantai kayu pada rumah mereka. Hal ini dilakukan guna menciptakan kesan natural atau alami di dalam rumah mereka. Apakah rumah Anda juga menggunakan lantai kayu? Jika iya, sadari bahwa lantai ini tidak tahan terhadap api. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari bermain korek api atau apapun yang berhubungan dengan api pada lantai rumah Anda.

Di samping itu, Anda juga disarankan untuk menghindari hal-hal berikut ini agar lantai kayu di rumah Anda bertahan lama dan Anda bisa mendapatkan kenyamanan untuk waktu yang lama:

Membiarkan lantai kayu basah atau lembab dalam waktu yang lama

Lantai kayu tidak hanya rentan terhadap api, tapi juga rentan terhadap air. Itulah sebabnya mengapa Anda disarankan untuk tidak membiarkan lantai kayu basah atau lembab dalam waktu yang lama. Ketahuilah bahwa kondisi ini dapat membuat lantai ini cepat lapuk dan berjamur. Apabila hal ini sudah terjadi, lantai akan berlubang dan Anda harus menggantinya dengan yang baru. Tentu saja, Anda membutuhkan dana yang tidak sedikit apabila lantai kayu di rumah Anda benar-benar rusak. Jika Anda ingin mengepel lantai ini, sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, cukup satu kali seminggu. Itu harus dilakukan dengan memperhatikan kadar air yang digunakan. Maksudnya seperti ini ketika Anda membasahi kain pel dan ingin mengepel lantai, Anda diharuskan untuk membilas kain pel terlebih dahulu sampai air benar-benar tidak ada lagi. Baru kemudian Anda boleh mengepel lantai.

Mengabaikan paparan cahaya matahari langsung terhadap lantai

Di daerah tropis, sinar matahari memang sangat terik. Hal ini sangat berpengaruh besar pada lantai kayu di mana lantai ini dapat mengkerut dan warnanya berubah. Ketika hal ini terjadi, tentu Anda tidak akan merasa nyaman karena lantai terlihat tidak menarik lagi. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Gampang karena Anda tinggal mengatur intensitas cahaya yang masuk ke rumah Anda. Di siang hari, biasanya sinar matahari benar-benar terik, dalam kondisi ini, sebaiknya tutup jendela dan biarkan sedikit sinar matahari masuk ke rumah Anda.

Sementara itu, di pagi hari, Anda boleh membiarkan sinar matahari full masuk ke rumah Anda apalagi jika lantai baru sudah dipel. Hal ini dapat berguna untuk membantu proses pengeringan lantai.

Memindahkan barang-barang berat tidak dengan hati-hati

Ketika memindahkan barang-barang yang berat, ada kemungkinan besar terjadi gesekan antara kaki-kaki barang tersebut dengan lantai kayu. Ketika hal ini terjadi, permukaan lantai kayu akan lecet dan bahkan membentuk jejak. Hal ini bukanlah hal yang bagus karena lantai kayu akan terlihat jelek dan Anda harus mengganti lantai kayu tersebut dengan yang baru. Apabila Anda menggunakan lantai kayu parquet, sangat disarankan untuk meminta bantuan tenaga ahli (tukang pasang lantai) yang profesional agar lantai terpasang dengan baik.

Oya, jangan malas untuk membersihkan kotoran, debu, dan noda di permuakaan lantai setiap hari. Apabila Anda tidak melakukan hal ini, lantai kayu akan terlihat kusam dan kotor karena ada banyak noda dan kotoran yang sudah mengeras. Bagaimana dengan masalah rayap yang notabene suka memakan kayu? Ada baiknya untuk rajin membersihkan lingkungan rumah Anda agar rayap tidak mendekat ke rumah Anda, oke!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *