Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab dari Seorang Kontraktor?

contractor

Kontraktor adalah seorang yang bekerja membantu orang lain dalam menangani masalah bangunan. Sebagai seorang kontarktor, bukan hal yang mudah karena dibutuhkan kepandaian dalam membangun bangunan baik itu, jalan, proyek perusahaan, dan lain sebagainya. Meskipun menjadi seorang kontraktor tidak harus memiliki modal materi, tapi harus pandai berpikir dan merancang bangunan secara baik. Seorang kontrktor juga, mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Namun, tugas dan tanggung jawab yang harus mereka jalankan cukup berat. Apakah Anda memiliki keinginan menjadi seorang kontraktor? Jika iya, tahukah Anda apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang kontraktor? Sebelum Anda melangkah lebih jauh untuk menjadi seorang kontraktor, ketahui terlebih dahulu tugas dan tanggung jawab dari seorang kontraktor berikut:

Menyediakan tenaga kerja

Kontraktor merupakan orang yang memiliki wewenang untuk menjalankan tugas yang telah disepakati dua belah pihak. Menjadi seorang kontraktor, memiliki tugas dan tanggung jawab. Tugas pertama yang harus dijalankan setelah menerima proyek adalah menyediakan tenaga kerja. Seorang kontraktor bekerja tidak sendirian, mereka akan dibantu oleh rekan kerja yang lain. Mencari tenaga kerja menjadi tanggung jawab dari seorang kontraktor. Selain tugas seorang kontraktor menyediakan tenaga kerja, bahan, dan tempat juga menjadi tugasnya agar pelaksanaanya dapat berjalan lancar. Untuk membuat perjalan dan tugas dapat berjalan dengan baik, pilihlah tenaga kerja yang memang memiliki semangat dan juga terbiasa melakukan pekerjaan yang akan dijalankan.

Membuat dan memberikan laporan

Membuat dan memberikan laporan kepada pihak proyek merupakan tugas dan tanggung jawab dari seorang kontraktor. Baik itu laporan harian, mingguan, bahkan laporan bulanan, sudah menjadi tugas kontraktor untuk menyampaikan pada pihak terkait. Adapun laporan yang harus dibuat dan disampaikan adalah laporan mengenai jumlah tenaga kerja yang digunakan, kemajuan pembangunan, pelaksanaan pekerjaan, bahan bangunan yang masuk, peralatan yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, laporan yang harus disampaikan oleh kontraktor harus sesuai keadaan agar tugas yang dijalankan dapat berjalan mulus. Untuk masalah laporan, ada baiknya untuk selalu disampaikan dengan membuat catatan secara tertulis untuk laporan sehingga tidak secara lisan saja sebagai bahan bukti.

Melindungi peralatan kerja yang ada

Menjadi seorang kontraktor memiliki tanggung jawab besar pada peralatan kerja yang ada. Hal ini untuk melindungi peralatan agat tidak dicuri oleh orang. Jika peralatan kerja yang ada hilang, ini menjadi tanggung jawab seorang kontarkator. Oleh karena itu, meskipun sebagai seorang kontraktor memiliki tenaga kerja, tapi untuk masalah melindungi perlatan kerja menjadi tanggung jawabnya. Melindungi peralatan kerja tidak hanya yang berhubungan dengan alat berat, tapi semua peralatan kerja yang berada di lokasi. Jika ada peralatan kerja yang hilang atau rusak, maka tugas seorang kontraktor harus mengantinya.

Menyediakan perlengkapan perlindungan

Para tenaga kerja yang ada, tentunya membutuhkan perlengkapan perlindungan ketika bekerja. Keselamatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk itu, pihak kontraktor harus menyediakan perlengkapan perlindungan kerja, seperti, baju kerja, topi, tali, sepatu, dan lain sebagainya. Menjalankan tugas sebagai seorang kontraktor, tentunya berhubungan proyek yang besar. Untuk itu, sebagai seorang kontraktor memiliki tanggung jawab dan tugas yang besar untuk melindungi tengan kerja dari bahaya-bahaya yang ada. Perlengkapan merupakan hal yang paling utama untuk disediakan.

Kontraktor tidak boleh mengecewakan pemilik proyek. Oleh karena itu tugas dan tanggung jawab menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *